HIASI HIDUP DAN KEHIDUPAN KITA DENGAN AMAL ILMIAH DAN ILMU AMALIAH

Selasa, 09 November 2010

MENGENAL LEBIH DEKAT SUNNAH (KEBIASAAN) & AJARAN KHAS KHALIFAH AL-RASYIDIN AL-MAHDIYYIN SYEKH AL-AKBAR MUHYIDDIN MUHAMMAD DAUD DAHLAN RA.

  1. Kebiasaan Beliau Ra. ketika minum
Adalah kebiasaan Beliau ketika hendak minum, dan menganjurkan kepada murid atau orang yang perhatian dengan jalan ini, memulainya dengan membaca do'a. Yakni membaca Bismillaah, pada tegukan pertama. Ar-Rohmaan, pada tegukan kedua. Dan Ar-Rohiim, pada tegukan ketiga.
Suatu keterangan dari kalangan Shalihin menyatakan bahwa membiasakan cara minum demikian, niscaya Allah perkenankan ia meminum air dari Haudh (telaga) Nabi Muhammad Saw yang memancar kluar dari lubang-lubang huruf Mim yang ada pada bacaan Basmalah tadi. Orang-orang yang telah mandi atau meminum air telaga syurga tidak akan tersentuh api neraka selamanya. Wallahu A'lam.

  1. Kebiasaan Beliau Ra. ketika makan
Kebiasaan Beliau makan adalah menyukai makan dengan berjama'ah, baik saat hidangan sedikit ataupun banyak, saat sederhana maupun mewah. Makan dengan berjama'ah diyakini tidak akan dihisab oleh Allah SWT. Inilah kebiasaan para Nabi dan Awliya terdahulu hingga sekarang, khususnya meniru kebiasaan Bapak Tauhid, Nabi Ibrahim As.
Beliau lebih menyukai makan lesehan, yakni duduk bersama dengan yang lain dalam satu hamparan. Beliau lebih menyukai menggunakan tangan (tanpa sendok) ketika makan. Tapi saat-saat tertentu, sering juga Beliau terlihat menggunakan sendok, karena jenis makanannya atau bergantung kondisi suasana atau tuntutan pelayanan terhadap umat.
Terkadang Beliau Ra. suka membagi-bagikan makanan yang Beliau makan kepada murid-murid yang ikut makan bersamanya, agar apa yang Beliau rasakan (kenikmatan yang Beliau makan) ikut pula dirasakan oleh muridnya. Selain itu agar sampai keberkahan kepada seluruh jama'ah yang ikut serta, dan meluluskan hasrat murid tertentu yang selalu memohon keberkahan (tabaruk) kepada Beliau Ra.
Beliau menyukai jenis makanan Padang dalam kesehariannya, tapi Beliau juga tidak menolak berbagai jenis makanan lainnya yang disuguhkan kepadanya. Beliau juga lebih menyukai hidangan Nasi Kebuli saat acara-acara besar berlangsung. Kedua jenis makanan tersebut memiliki nilai kebersamaan dan keanekaragaman, sesuai dengan karakter jiwa Beliau yang selalu menjaga nilai kebersamaan (berjama'ah).
Beliau bertabaruk kepada Guru sebelumnya yang biasa menyediakan makan (khususnya untuk petugas Khatib dan masjid) setelah ba'da Jum'at. Beliau jarang meninggalkan makan bersama selain ada alasan yang penting.

  1. Kebiasaan Beliau Ra. ketika bermusafir
Kebiasaan Beliau saat memulai perjalanan jauh adalah memulai pemberangkatan sebelum memasuki waktu Shubuh (sesudah tahajjud) untuk menghindari gangguan macet). Karena pada masa itu lalu lintas perjalanan lancar. Gangguan macet adalah sesuatu yang mungkin belum pernah dialami oleh para Nabi dan para sahabatnya.
Beliau Ra. biasa melaksanakan Sholat Shubuh dengan niat Qabla Waqtiha (sebelum waktunya): Usholli Fardhos Shubhi qobla waqtihaa rok'atayni (imaaman / ma'muuman) lillaahi ta'aalaa.
Di antaranya kebiasaan Beliau Ra. lainnya adalah melakukan Rukhshah Sholat Wajib saat perjalanan dengan Jama' Qashar. Kemudian menyederhanakan Awrad setelahnya, yakni membaca istighfar sekali dan Dzikir Mulkiyyah sebanyak 3 kali saja.
Jika perjalanannya lebih pendek atau ringan atau sudah sampai ke tempat tujuan, biasanya Sholat Wajib dilakukan dengan Jama' saja, dengan dilanjutkan pembacaan Awrad, kadang diringkas dan kadang tidak (bergantung kondisi jama'ahnya).
Beliau pernah mencontohkan pelaksanaan Sholat Wajib di dalam kendaraan, seperti yang pernah dilakukan dan dianjurkan oleh Rasulullah Saw pada kondisi tertentu. Tapi di dalam kendaraan bisa dilakukan secara berjama'ah.
Kebiasaan Beliau Ra. ketika sholat saat musafir adalah menanti seluruh jama'ah (dalam rombongan) berkumpul semuanya dengan melaksnaakan sholat ringan2 raka'at dengan niat Tahiyyat atau Syukril Wudhu. Jika jama'ah belum juga berkumpul, dlanjutkan dengan membaca Sholawat beserta jama'ah yang sudah hadir, yaitu: Shollallaahu 'alayka wasallam Yaa Rosuulallaah Fii kulli lamhatiw wanafasin 'adada maa wasi'ahuu 'ilmullaah. Kemudian barulah Beliau Ras. memerintahkan Iqamat setelah semuanya berkumpul.
Beliau Ra. lebih menyukai bersama-sama (berjama'ah) ketika berpergian, saat berdakwah atau beraktivitas lainnya. Termasuk di waktu makan, tidur dan bangunnya, hingga iringan kendaraan saat berpergian.Beliau Ra. selalu menyukai kebersamaan baik musafir maupun muqim. Beliau sangat memperhatikan dan memantau keadaan anggota musafir yang mengikutinya, meski tidak Beliau ungkapkan perhatiannya itu.

  1. Kebiasaan Beliau Ra. ketika Sholat
Beliau menyukai dan menganjurkan Sholat berjama'ah dalam keseharian, tidak hanya Sholat Wajib, tapi juga Sholat Sunnah (Rawatib, Tahiyyat Masjid, dll).
Pada waktu Sholat Shubuh dan Isya, sebelum Iqamat, sudah terbiasa Beliau Ra. dan para jama'ah menyenandungkan Sholawat Yaa Nabi Salam 'Alayka (Marhaban). Kemudian Beliau Ra. menutupnya dengan do'a.
Khusus Sholat Shubuh, sesudah melaksanakan Sunnah Qobliyah, Beliau Ra. berbaring di atas lambung kanan. Seperti inilah kebiasaan yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw. Petunjuk haditsnya Muttafaq 'Alayh.
Sesudah melaksanakan Sholat berjama'ah Beliau Ra. senantiasa melakukan Sujud Syukur dan mushafahah (berjabat tangan). Sebelum berjabat tangan Beliau menutup dengan membaca Fatihah (bertawassul).
Sholat-sholat sunnat yang dibiasakan dalam bimbingan ajaran Syekh al-Akbar adalah Sholat Sunnah Rawatib (Qabliyyah dan Ba'diyyah). Beliau Ra. juga menambahkan dengan melaksanakan sholat Sunat Ba'da 'Ashar di awal waktu. Selain itu sesudah Sholat Maghrib Beliau Ra. melaksanakan Sholat sunnat Awwabin yang digabungkan niatnya dengan sholat Tasbih 4 raka'at. Sesudahnya melakukan sholat Hajat 2 raka'at.
Sesudah melaksanakan Sholat Ba'diyah Isya' biasanya dilanjutkan dengan melaksanakan Sholat Witir 1 hingga 3 raka'at.
Beliau Ra. mengajarkan para muridnya membiasakan diri untuk menghidupkan 2 waktu dengan tawassul dan dzikir, yakni antara sesudah Maghrib hingga Isya dan sesudah Shubuh hingga Isyraq.
Sesudah terbit Isyraq (bergesernya matahari sedikit dari terbitnya), Beliau Ra. mengerjakan Sholat Isyraq digabungkan niatnya dengan Sholat Dhuha sebanyak 4 raka'at.
Beliau Ra. lebih suka menyederhanakan (tidak lama atau terlalu cepat) sholat wajib maupun sunnat untuk memberikan kemudahan bagi jama'ah agar dapat mengistiqamahkannya. Selain itu untuk mengejar kegiatan ibadah lainnya yang juga memiliki keutamaan yang tinggi di sisi Allah. Beliau Ra. sering membaca surat pendek ketika menjadi imam.

  1. Kebiasaan Beliau Ra. di bulan Ramadhan
Beliau Ra. saat di bulan Ramadhan, melaksanakan sholat tarawih 8 atau 20 raka'at. Pada umumnya Beliau Ra. melaksanakan tarawih 20 raka'at di awal bulan, dan setelah pertengahan bulan Beliau Ra. menyederhanakannya menjadi 8 raka'at. Setelah itu melakukan sholat witir 3 raka'at. Beliau Ra. biasa memberikan ceramah kultum sebelum tarawih.
Beliau Ra. membolehkan seseorang mengeluarkan zakat fitrah di awal bulan Ramadhan.
Setidaknya sebanyak 3 kali Beliau Ra. pergi ke laut untuk melihat tanda-tanda di bulan Ramadhan, pertama, sebelum datangnya Ramadhan, sebelum datangnya Lailatul Qadr dan di akhir Ramadhan.
Di malam Lailatul Qadr Beliau Ra. menyukai bersama-sama muridnya menghidupkan malam tersebut dengan banyak berdzikir dan beribadah hingga terbit fajar.
Beliau Ra. menyegerakan berbuka, dan mentakhirkan sahur. Di bulan ini Beliau tidak mengendorkan aktivitasnya, yakni sama seperti bulan-bulan lainnya.
Di akhir Ramadhan Beliau Ra. suka memberikan santunan atau sedekah kepada dewan guru, kerabat dan murid-murid yang tidak mampu, apalagi yang mengkhidmahkan dirinya kepada lembaga yang Beliau pimpin.
Beliau Ra. menganjurkan kaum muslimin lebih memperhatikan tujuan Ramadhan daripada memilih keutamaan Ramadhan itu sendiri. Oleh karenanya pilihan untuk berbuka ketika musafir adalah bagian ketaqwaan, sedangkan mempertahankan untuk tetap berpuasa saat musafir adalah hanya memperhatikan fadhilah puasa bukan nilai ketaqwaan (tunduk dan taat).

  1. Kebiasaan Beliau Ra. dalam berdo'a
Dua dzikir yang sering Beliau sebut dan ungkapkan adalah Pertama: Robii adkhilnii mudkhola shidqiw wa akhrijniii mukhroja shiqqiw waj'allii mil ladunka sulthoonan nashiiroo. Waqul jaa-al haqqu wazahaqol baathil, innal bathila kaana zahuuqoo. (Al-Isra: 80-81) Beliau Ra. menamakannya sebagai Do'a Sapu Jagad. Kedua: Dzikir Mulkiyyah, yaitu Laa Ilaaha illallaahu wahdahuu laa sayriikalah lahul mulku walahul hamdu yuhyii wayumiitu wahuwa 'alaa kulli syay-in qodiir.
Beliau Ra. juga memohonkan ampun sesudah sholat fardhu untuk kaum jin (tidak hanya manusia). Karena di kalangan mereka ada juga yang muslim dan termasuk murid Beliau Ra. Rasul dan para Khalifahnya membimbing seluruh kaum yang ada pada masanya, tidak tertentu kepada manusia saja.
Beliau juga menganjurkan bertadharru' (merendahkan diri) ketika bermunajat kepada Allah agar Allah menurunkan rasa belas kasih kepada kita yang merasa butuh akan ijabah do'a kepada-Nya.

  1. Kebiasaan Beliau Ra. dalam berdzikir
Saat Beliau memimpin dzikir biasanya didahului dengan penjelasan ilmu seputar berdzikir, setelah itu Beliau Ra. menyerahkan kepada murid yang dipercaya untuk memimpin pembacaan Tawassul dan dzikir. Di akhir majelis dzikir Beliau Ra. menutupnya dengan do'a Asmaul Husna.
Metode dzikir yang Beliau Ra. terapkan kepada murid-muridnya adalah metode Dzikir Qurani yang dilakukan dengan berdiri dan bersuara keras. Dengan metode seperti ini diharapkan bekas dzikir yang telah dilakukan memiliki pengaruh kuat kepada jiwa dan raga. Menurut Beliau Ra. dzikir dengan suara yang keras merupakan dzikir latihan (yang mesti dilakukan dengan kesungguhan) dan dzikir yang utama adalah Sir (rahasia), yakni tidak bersuara.
Dalam moment tertentu pelaksanaan dzikir ini diiringi oleh Alunan Sholawat dan Musik, agar suara musik itu bisa menambah keindahan suasana dan khusyuk ketika berdzikir.
Beliau Ra. senantiasa memisahkan kaum pria dan wanita dalam majelis dzikir dengan hijab (pembatas). Jika tidak ada sekat tembok atau kayu, penutup wajah wanita adalah sudah termasuk hijab. Namun demikian, antara kelompok pria dan wanita tidak bercampur baur sehingga saling bersentuhan.

  1. Kebiasaan Beliau Ra. dalam Majelis
Hasrat Beliau dalam menyampaikan nilai-nilai yang Haq kepada jama'ah demikian tinggi, sehingga tidak pernah meninggalkan majelis Beliau, baik di Jakarta maupun Tasikmalaya. Kecuali karena keterbatasan fisik Beliau yang disebabkan karena sakit atau kelelahan sehabis melakukan perjalanan yang jauh.
Yang biasa Beliau Ra. lakukan sebelum menghadiri majelis adalah memakai wangi-wangian setelah mandi. Sebelum memasuki majelis, Beliau suka muthala'ah Quran dan Hadits atau mempersiapkan materi apakah yang akan dibahas di dalam majelis. Tidak jarang apa yang Beliau persiapkan tidak muncul, namun materi lain yang Allah bimbing kepada Beliau untuk melayani kebutuhan jama'ahnya.
Sudah menjadi kebiasaan jama'ah menanti kehadiran Beliau Ra. dengan bacaan Sholawat: Shollallaahu 'alayka wasallam Yaa Rosuulallaah Fii kulli lamhatiw wanafasin 'adada maa wasi'ahuu 'ilmullaah, yang dibaca berulang
Sudah terbiasa Beliau memulai Taushiyah atau ceramah dengan bacaan berikut:
Ta'awudz. Salam. Lalu membaca:
Bismillaahir rohmaanir rohiim. Alhamdulillaahi wahdah, wash-sholaatu wassalaamu ’alaa mal laa nabiyya ba’dah, wa ’alaa aalihii washohbihii wamaw waalaah. Ammaa ba’du:
Robbi adkhilnii mudkhola shidqiw wa-akhrijnii mukhroja shidqiw waj’al-lii mil ladunka sulthoonan nashiiroo. Waqul jaa-al haqqu wazahaqol baathil, innal baathila kaana zahuuqoo
Dan Beliau Ra. selalu menutup majelisnya dengan do'a ampunan untuk kaum muslimin/at, baik manusia maupun bangsa jin, dan semua jama'ah yang hadir.
Beliau selalu menjama' Sholat Wajib sesudah Majelis usai, untuk membela jama'ah yang berasal dari tempat yang jauh. Beliau mempersilahkan bagi jama'ah yang dekat untuk mengulangi Sholat Wajib pada waktunya atau tidak perlu lagi melakukannya, sesuai kondisi murid tersebut.
Beliau Ra. tidak pernah membaurkan antara pria dan wanita dalam satu majelis melainkan dengan sekat (hijab) pembatas, kecuali di area terbuka (lapangan). Dan ketika wanita dan pria berbaur dalam satu tempat, Beliau Ra. memerintahkan para wanita mengenakan cadar (penutup wajah) sebagai hijab mereka dengan kaum pria.
Beliau Ra. tidak melarang keberadaan anak kecil di dalam masjid, begitu pula wanita yang sedang haid, sebab manfaat kehadiran mereka untuk tarbiyah (pembinaan) nilai-nilai Aqidah Islamiyyah lebih utama..
Beliau Ra. selama memberikan ceramah tidak menyediakan waktu untuk bertanya bagi para jama'ah di saat majelis berlangsung, tapi Beliau Ra. menyediakannya di waktu-waktu khusus (tertentu) bagi yang membutuhkan penjelasan lebih mendalam. Hal ini dimaksudkan agar waktu tidak tersita dengan masalah yang dialami orang tertentu saja, dan lebih fokus kepada apa yang sedang dibahas. Beliau Ra. biasanya sangat memberikan perhatian khusus dalam ceramahnya kepada jama'ah yang baru baik sebagai tamu atau calon murid.
Setiap majelis Pengajian, biasanya dilaksanakan Bai'at bagi murid yang baru dan bagi murid yang lama boleh mengikutinya sebagai pembaharuan ikrar bai'at kepada Mursyidnya. Setelah itu barulah dilaksanakan dzikir jama'i (berjama'ah).

  1. Kebiasaan Beliau Ra. dalam berbusana
Dalam keseharian Beliau Ra. selalu mengenakan Libasut Taqwa, di dalam rumah, atau di luar rumah, di dalam masjid atau di luar masjid. Libasut Taqwa bagi pria adalah mengenakan Ghamis dan atribut berupa Surban dan selendang hijau, sedangkan wanita bagian dari keluarga Beliau adalah mengenakan pakaian menutupi seluruh tubuh dan wajahnya (bercadar).
Bentuk surban Beliau Ra. menyerupai dua tanduk, seperti surban Iskandar Dzulkarnain. Ekor surban menjuntai ke depan. Warna pakaian dan surban yang biasa Beliau kenakan adalah berwarna putih. Hampir tidak pernah Beliau Ra. mengenakan warna pakaian lain selain putih, kecuali selendang dan Jubah Beliau.
Ketika Beliau Ra. sedang santai atau beraktivitas, Beliau biasanya mengenakan ghamis dan peci putih saja (tidak bersurban). Beliau Ra. menganjurkan murid-muridnya yang pria meniru apa yang Beliau kenakan, termasuk dalam berpenampilan yakni mencukur kumis dan memelihara jenggot. Sedangkan batasan jenggot menurut Beliau Ra. adalah sepanjang genggaman tangan.
Beliau Ra. dalam berbusana menyenangi kebersihan dan kerapihan, apalagi ketika menghadapi moment resmi, termasuk berhadapan dengan tamu. Biasanya ketika menghadiri acara pengajian resmi dan moment besar, Beliau mengenakan Abaya (jubah).

  1. Kebiasaan Beliau Ra. dalam berobat
Beliau pandai meramu obat, mengingat banyak obat yang Beliau konsumsi. Hal ini terjadi karena intensitas kesibukan Beliau Ra. yang membutuhkan stamina dan fisik yang prima. Maka ketika ada suatu gejala penyakit yang menghalangi Beliau berdakwah dan beraktivitas, maka segeralah Beliau mencari obatnya.
Beliau lebih menyukai berobat kepada dokter akademis daripada dokter non akademis, seperti jenis pengobatan alternatif. Beliau lebih menganjurkan orang-orang yang mengalami sakit gangguan jiwa atau ganggunan spiritual (apabila telah Beliau berikan air do'a namun tidak kunjung sembuh) untuk berkonsultasi dengan psikolog atau dokter jiwa.
  1. Kebiasaan Beliau Ra. dalam berbicara
Beliau menyukai berbicara tentang ajaran Dienul Islam di mana pun dan kapan pun daripada pembicaraan lainnya, terutama berkenaan dengan masalah aqidah (syari'at, hukum, moral). Termasuk persoalan duniawi yang mendukung kukuhnya (tegaknya) Syari'at Islamiyyah. Beliau Ra. menghindari dari pembicaraan yang sia-sia dan kurang manfaatnya bagi kemasalahatan Dien.
Beliau Ra. membiasakan berbicara yang lurus, tapat dan akurat sehingga sering mengkoreksi kata atau ungkapan yang keliru di kalangan masyarakat. Contohnya adalah pengungkapan istilah 'Maha' dalam menerjemahkan Asma Allah, penggunaan istilah 'sejati' bagi nilai/tatanan Aqidah keislaman dan keimanan, penyebutan istilah 'Ibu Pertiwi' terhadap keberadaan bangsa, dsb.
Beliau Ra. menganggap ungkapan yang keliru yang telah berkembang di masyarakat tersebut menunjukkan kualitas aqidah keimanan dan keislaman yang rapuh, dan perlu diluruskan.

  1. Kebiasaan Beliau Ra. ketika memberi bai'at
Biasanya sebelum memberikan Bai'at Beliau Ra. menjelaskan kronologis silsilah ajaran yang sampai kepada Beliau Ra. dari Guru-guru sebelumnya hingga kepada Rasulullah Saw. Beliau juga menguraikan pengertian dan urgensi Bai'at tersebut, agar si murid mengerti apa yang akan mereka perbuat (lakukan). Lalu Beliau Ra. memberikan materi Bai'at yang mesti diamalkan oleh murid tersebut. Setelah itu sebagai tanda sah (terima) sebagai Guru dan murid, Beliau Ra. mengajak bersalaman kepada murid yang bersangkutan.
Beliau Ra. senantiasa memposisikan orang yang berbai'at menghadap kiblat. Demikian pula dalam acara akad nikah, di mana pria yang mengambil ikatan janji (akad) menghadap kiblat. Kalimat yang didahulukan bagi yang berbai'at adalah 'Terima!' sebagai tanda sahnya komitmen dan kesepakatan kedua belah pihak. Begitu pula dalam acara akad nikah atau mahrom.

  1. Kebiasaan Beliau Ra. dalam peribadatan setahun
Beliau Ra. secara rutin menghidupkan peringatan Maulid Nabi Saw, Isra Mi'raj Nabi Muhammad Saw. Beliau Ra. mewajibkan setiap muridnya mengikuti kegiatan Pekan Qini yang berpusat di Tasikmalaya, untuk melakukan pembinaan intensif. Pekan Qini ini berlangsung selama 10 hari. Dilakukan pada 3 moment besar, yaitu Maulid Nabi Saw, Isra Mi'raj Nabi Muhammad Saw dan Zulhijjah (bulan haji). Beliau Ra. belum pernah meninggalkan moment penting tersebut.
Beliau Ra. biasa mengajak murid-muridnya beribadah pada malam Rabu Wakasan (Sholat Lidaf'il Bala'), malam Nishfu Sya'ban, dan malam Lailatul Qadr. Selain itu setiap malam 25 Desember Beliau mengajak murid-murid Beliau mengadakan acara Malam Tauhid untuk menciptakan suasana Tauhid di saat banyak manusia sedang melakukan syirik (penyekutuan) terhadap Allah SWT.

  1. Kebiasaan Beliau Ra. dalam menentukan Itsbat
Beliau Ra. selalu menyandarkan hasil penentuan awal dan akhir puasa atau Hari Raya pada mekanisme yang telah diupayakan pemerintah melalui perangkat teknologi yang ada. Sebenarnya Beliau Ra. menginginkan kemandirian dalam menentukan Itsbat (penetapan) waktu tersebut, namun hal itu sudah terwakili oleh sistem yang canggih dan teruji yang telah dimiliki pemerintah.

  1. Kebiasaan Beliau Ra. dalam membersihkan diri
Beliau Ra. menyarankan muridnya dan umat untuk menggunakan teknologi modern dalam hal membersihkan diri. Jadi tidak lagi menggunakan siwak, karena sudah ada sikat gigi dan odol. Beliau lebih suka mengajarkan efisiensi dalam penggunaan air, dengan tidak berwudhu lagi setelah mandi. Karena ketika mandi, air telah menjangkau seluruh anggota badan termasuk anggota wudhu.

  1. Kebiasaan Beliau Ra. dalam berorganisasi
Beliau Ra. pernah menjadi pengurus KNPI sewaktu masih bekerja di Papua sehingga bekal pengalaman Beliau Ra. di sana banyak menjadi acuan berharga dalam memimpin organisasi saat ini. Di antaranya sikap teguh Beliau Ra. untuk selalu berpegang kepada sistem yang tlah diabngun dan disepakati. Sehingga berbagai keperluan Beliau Ra. diatur melalui mekanisme organisasi yang telah ditetapkan.
Beliau Ra. memberikan kebebasan penuh kepada pengurus organisasi yang Beliau pilih, dan tidak mencampuri manjemen yang sedang dijalankan. Gaya kepemimpinan Beliau adalah gaya merangkul semua pihak untuk saling bekerja sama dan tidak bersifat berpihak kepada salah satu orang atau kelompok. Meskipun Beliau Ra. memiliki posisi mutlak dalam menentukan segala kebijakan organisasi, Beliau Ra. selalu mengedepankan kompromi dalam membahas keputusan organisasi.

  1. Petunjuk Beliau Ra. mengenai beberapa permasalahan
  • Beliau Ra. menganjurkan orang yang baru pindah menempati suatu kediaman atau rumah dengan mengumandangkan adzan di empat penjuru. Hal itu dimaksudkan agar suasana Tauhid menghiasi kediamannya. Rumah atau kediaman semestinya dihiasi selalu dengan pembacaan Kalam Ilahi atau Kalimat-kalimat dzikir. Rumah yang kosong dari pembacaan Dzikrullah akan didominasi kekuatan negatif dari makhluk halus yang betah mendiaminya.
  • Beliau Ra. sering memberikan nama yang indah bagi murid yang baru saja mendapatkan seorang anak, dan memperbaharui nama-nama seseorang agar menjadi do'a atasnya.
Beliau Ra. menganjurkan kepada orang tua yang memiliki anak yang sulit diberi pengertian (bandel), dengan mencukurnya (gundul) pada hari Rabu. Hal ini dimaksudkan agar terjadi perubahan pada pola pikir dan arah akal anak tersebut agar bisa menurut.
  • Beliau Ra. menganjurkan kepada orang tua yang memiliki anak yang sudah baligh (terutama perempuan) untuk menyegerakan menikah. Agar lebih terpelihara agamanya dari kelemahan jiwa dan kekuatan syahwatnya.. Beliau Ra. menyatakan bahwa tidak ada istilah pacaran dalam Islam, yang ada adalah Mahrom. Maksud Mahrom adalah mengikat dua pasang calon yang hendak membina rumah tangga dengan aturan yang sama dengan Akad Nikah. Kedudukannya adalah sama dengan orang yang sudah menikah. Adapun maksud Mahrom adalah mencegah hal-hal yang tidak diinginkan (berupa kemaksiatan) dan menjaga kehormatan diri dan keluarganya, Mahrom bukanlah Nikah Sirri (rahasia), dan menurut Beliau Ra. tidak ada istilah Nikah Sirri. Karena menikah itu mesti diberitahukan, bukan dirahasiakan. Dan menikah merupakan salah satu dari syi'ar Dienul Islam.
  • Beliau Ra. tidak memperkenankan adanya beduk sebagai penentu awal waktu sholat atau berbuka puasa. Karena mendahului ketentuan syari'at adzan, sehingga menyalahi ketentuan Allah dan Rasul-Nya. Oleh karenanya Beliau Ra. memerintahkan segera berbuka ketika waktu Maghrib telah masuk, tanpa menunggu suara beduk selesai.
  • Beliau Ra..tidak melarang adanya tahlil (kematian, dsb), karena di dalamnya terkandung do'a dan dzikir. Tapi bagi orang tertentu (yang kurang mampu) Beliau Ra. tidak menganjurkannya.
  • Beliau Ra. mengutamakan kemudahan dalam menjalankan Dienul Islam termasuk mengambil rukhshah membatalkan puasa karena sedang dalam perjalanan. Sebab mengambilnya merupakan rahmat yang teramat besar bagi seorang hamba seperti ia mengharapkan ampunan Allah.
  • Beliau Ra. memerintahkan berzakat 10% bagi setiap muridnya, untuk membersihkan harta atau rizki yang baru diperoleh. Menurut Beliau Ra. harta yang tidak dizakatkan seperti memakan ayam tanpa dbersihkan dahulu (kulit, bulu, dan kotorannya). Beliau Ra. tidak memakan harta dari zakat, tapi Beliau Ra. menerima pemberian hadiah (beruapa harta atau uang) baik dari murid atau orang yang bersimpati kepada Beliau. Seluruh harta zakat dipergunakan untuk keperluan operasional dakwah (dalam hal ini Pengurus Yayasan yang mengelolanya).
  • Beliau Ra. menyatakan bahwa Bunga Bank adalah halal dengan niat investasi. Dan pengertian Riba itu terbagi dua, ada yang memberatkan (berlipat ganda) dan ada yang tidak. Riba menurut Beliau Ra. adalah Sunnatullah, karena nilai harta dan uang itu senantiasa bergerak atau berkembang apabila dikaryakan dalam suatu lembaga keuangan / ekonomi.
  • Beliau Ra. menganjurkan muridnya untuk senantiasa melaksanakan awrad, dan membiasakan mengikatkan hati (berabithah) dengan sosok Khalifah Rasul. Dengan demikian membantunya tetap terjaga ingat kepada Allah SWT.
ditulis oleh : Ust. Lukmana, S.Ag
                   (sekretaris umum al-idrisiyyah)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar