HIASI HIDUP DAN KEHIDUPAN KITA DENGAN AMAL ILMIAH DAN ILMU AMALIAH

Minggu, 14 November 2010

Manajemen Strategi

A. Definisi
       Analisa sistematis dari faktor-faktor yang berhubungan dengan pelanggan dan pesaing (lingkungan eksternal) dan dengan organisasi itu sendiri (lingkungan internal) untuk memberikan dasar ulang-ulang dari praktik manajemen yang ada. Objektifnya adalah untuk mencapai keselarasan kebijakan k orporat yang lebih baik dan menentukan prioritas yang strategis.
definisi lain, adalah;
Manajemen Strategi adalah suatu proses yang menyatakan sasaran suatu organisasi, mengembangkan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran dan mengatur sumberdaya guna melaksanakan rencana.
Ciri-ciri :
•Menjadi kegiatan level puncak – CEO & Tim Eksekutif
•Menjadi pedoman bagi keseluruhan perusahaan
•Strategi disesuaikan dengan sumber daya, kendala dan objektif perusahaan.
•Prosesnya disesuaikan antara Keunggulan strategis dan lingkungan bisnisyang dihadapinya
•Strategi perusahaan yang baik harus terintegrasi dengan target perusahaan, kebijakan, urutan tindakan (taktik) secara keseluruhan.
       Manajemen strategi dapat dipergunakan untuk menentukan misi, visi, sasaran, tugas dan tanggung jawab, tepat waktu dan sebagainya.
       perencanaan strategis adalah sebuah alat yang dipergunakan suatu organisasi dalam mencapai sasaran tertentu suatu periode.
       Perencanaan Jangka Panjang (Long-range planning) adalah pengembangan suatu rencana untuk mencapai target yang telah disusun  untuk suatu periode beberapa tahun dengan asumsi bahwa  semua kondisi dimasa depan telah dapat diterjemahkan kepada masa kini  tanpa banyak perubahan  sehingga hal tersebut sangat mungkin untuk diwujudkan.
      Sementara  Perencanaan Startegis (strategic planning) adalah perencanaan  yang menuntut  organisasi  harus dinamis terhadap perubahan lingkungan  karena dianggap lingkungan rentan terhadap perubahan dalam periode tersebut.
       Berpikir Strategis adalah alat untuk  mendukung Perencanaan strategis  dan  Manajemen Startegis yang menjadi dasar bagi tegaknya sebuah organisasi yang efektif. 
       Ciri berpikir startegis adalah  timbulnya pertanyaan, “ apakah yang sedang kita kerjakan ini sudah benar? “ 
      Pembentukan Strategi adalah suatu kombinasi rasional antara pengujian keilmuan, pendidikan dan perkiraan intuisi terbaik.
B. Metode Perencanaan Strategis (Pendekatan Praktis)
strategi yang diterapkan tidak tunggal;
- model militer
- model perencanaan perusahaan
- model perencanaan politik
       Analisa SWOT adalah suatu metodologi dalam melihat potensi strategi dari perpaduan Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats secara organisasi.
* Strategi berpasangan yang digunakaqn :
SO – gunakan S guna mengambil manfaat dari O
WO- ambil manfaat dari O dengan menutup kelemahan W
ST- gunakan S untuk hindari T
WT- minimalkan W dan hindari T 
      

dikutip dari makalah:
Manajemen Strategis, yang disampaikan oleh:
Dr. Ir. H. Revino Zuarnel, SH. SE.  MM
pada kegiatan bimbingan teknik dan manajemen al-idrisiyyah tasikmalaya jawa barat
materi dapat diunduh/didownload: 
Ms Power point: disini
File WAV.:disini
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar